SOAL LATIHAN

 Soal latihan 

disini soalnya!!

1. Jelaskan secara singkat perbedaan data dan informasi!

2. Sebutkan 5 jenis database beserta masing-masing contohnya!

3. Jelaskan perbedaan basis data dan database menagement system (DBSM)

4. Membangun basis data merupakan pekerjaan yang rumit. Uraikan struktur basis data beserta contohnya!

5. Upload foto mindmap tentang konsep basis data sudah dibuat dimasing-masing kelompok!

Jawabannya:

1. - data adalah serangkaian fakta dan juga angka yang bisa digunakan sebagai salah satu bahan untuk  menyusun suatu informasi. 

   - Informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan diolah sedemikian rupa  sehingga menghasilkan sesuatu yang bisa dipahami dan memberikan manfaat bagi penerimanya.

2. πŸ‘‡πŸ‘‡

-Database Operational

Operational database adalah jenis database yang juga dikenal dengan sebutan On Line Transaction Processing (OLTP). Adapun fungsinya ialah untuk mengelola sekaligus memperbarui data dinamis secara real-time.

 -Data WareHouse

Data Warehouse yang biasa disebut dengan istilah Enterprise Data Warehouse (EDW). Tipe basis data ini dinilai sebagai elemen utama dalam Business Intelligence (BI) dan kerap dimanfaatkan untuk analisis data maupun laporan.

-.Distributed Database

adalah distributed database. Ini merupakan tipe basis data yang terdiri dari gabungan situs dan tersebar di banyak lokasi berbeda. Meski demikian, seluruh database-nya tetap terkoneksi satu sama lain dalam suatu jaringan komputer.

 -Relational Database

Relational Database adalah salah satu jenis database paling populer dan banyak digunakan. Pada tipe relasional, setiap data terhubung dan tersusun dalam tabel yang terdiri dari baris dan kolom, dimana masing-masingnya menunjukkan nilai data.

-End-User Database

End-User Database adalah jenis database yang diatur oleh pengguna akhir menggunakan workstationnya sendiri. Sehingga, berkas data pun dikelola secara mandiri melalui metode pengguna tersebut.

3. πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

-Basis Data adalah sekumpulan data yang saling terkait satu dengan yang lain dan dapat direlasikan kembali dengan data-data selanjutnya yang ingin ditambahkan, apabila DBMS adalah metode atau teknologi yang digunakan untuk mengatur alur dan proses berjalannya dari basis data tersebut.

-DBMS adalah singkatan dari “Database Management System” yaitu sistem penorganisasian dan sistem pengolahan Database pada komputer. DBMS atau database management system ini merupakan perangkat lunak (software) yang dipakai untuk membangun basis data yang berbasis komputerisasi.

 

4. πŸ‘‡πŸ‘‡

-Pengertian Field

Istilah field merujuk pada kumpulan berbagai karakter didalam database yang mempunyai arti didalamnya. Misal didalam field ada info seputar No. Barang atau sebagainya, maka paparan field harus ada kaitannya dengan nomor barang dan tidak boleh melenceng dari pembahasan tersebut. Field adalah kolom didalam tabel yang bisa diisi nama tertentu.

 -Pengertian Record

 Record adalah kumpulan field yang sudah lengkap didalam basis data. Kumpulan tersebut biasanya dihitung di satuan baris yang telah tersedia di database.

 -Pengertian Tabel

 Tabel disebut sebagai kumpulan record dan field yang sudah lengkap di sistem database.

 -Pengertian File

File menunjukkan kumpulan beberapa record yang bisa menggambarkan informasi data tertentu dengan baik dalam sebuah database. Contoh file yang ada didalam database adalah informasi berisi data yang berisikan nama barang tertentu didalamnya.

 -Pengertian Data

Data merupakan kumpulan kejadian dan fakta yang bisa dipakai untuk penyelesaian masalah berbentuk informasi khusus didalam database. Data bisa tercantum dalam bentuk bunyi, gambar, teks, simbol, angka, huruf atau kombinasi beberapa didalamnya.

5. Foto MindMap



sekian dari pekerjaan tugas ini, saia Akbar turut mengundurkan diri πŸ—Ώ.

Komentar

Postingan Populer